Ceritaku Mendapatkan Dollar Pertama di Microstock -->

Ceritaku Mendapatkan Dollar Pertama di Microstock

Ceritaku Mendapatkan Dollar Pertama di Microstock
dollar pertama di shutterstock


Certiaku Mendapatkan Dollar Pertama di Microstock | Assalaamu'alaikum sobat Osa. Siapa sih yang tidak mau mendapat dollar dari bule-bule. Begitupun Osa, berawal dari coba-coba saja dan ingin lebih mengeksplor lagi seperti apa dunia pasar luar negeri. Ternyata cukup menyenangkan juga loh sobat. Cerita ini merupakan awal bagaimana Osa lebih melebarkan sayap di dunia desain. Yah walaupun bukan seorang desainer profesional, Osa cukup senang dengan mendapat 1 klien tetap.

Microstock merupakan sebuah bisnis online untuk mendapatkan income dari perusahaan/agensi Microstock. Kalau tidak salah situs microstock yang Osa coba pertama kali adalah Shutterstock. Bagaimana mungkin Osa mencoba di tempat lain sementara situs ini terus menerus muncul di browser Osa tiap kali membuka sebuah situs desain, dan Shutterstock lah yang menjadi media iklannya.

Osa masih ingat banget bagaimana dulu untuk menjadi seorang kontributor disana. Osa harus mempunyai passport. Ini menjadi kendala utama di waktu itu. Kisaran di tahun 2017 Osa ada ide untuk meminjam passport ke salah seorang teman. Dan benar saja, saat itu juga Osa bisa menjadi kontributor Shutterstock. Namun bukan dengan nama Osa, melainkan menggunakan nama teman Osa. Kurang keren juga sih jadinya, tapi tak apalah yang penting Osa menjadi kontributor.

Update Agustus 2019 kemarin, Shutterstock sudah membebaskan proses sign up kontributor dengan tanpa passport. Ah kesel deh jadinya 😂. Jadi mulai sekarang temen-temen desainer yang ingin punya akun Shutterstock sudah bebas membuatnya dengan mudah dan gak ada kata ribet lagi. Kalau mau bilang ribet, nanti kita bahas di cara Upload karyanya. Karena memang rada dikit ribet, mungkin.

Karya pertama yang Osa upload adalah skull vector. Dari sini Osa langsung mendapat dollar pertama, yakni $0,25. Gila kan, kebayang dong berapa lamanya untuk Pay out. Dan mininum Payout-nya harus $35. Modal utama yang Osa gunakan adalah sabar dengan coba upload lagi beberapa karya. Sampai saat ini, karya Osa cuma puluhan doang kok. Gak kayak master desainer yang lain, sudah bisa mencapai ratusan bahkan ribuan.

Terus gimana caranya biar karya banyak yang download?

Eits, selamat 3 tahun ini Osa tidak pernah belajar bagaimana mendapatkan banyak dollar dari shutterstock. Karena memang dari awal Osa tidak menargetkan kalau karya Osa bakalan banyak yang download. Mungkin bermodalkan keberuntungan saja, Osa mendapat $90 pertama di tahun 2018 pertengahan.

Seneng? Jelas seneng lah. Dan waktu itu juga Osa membuat akun Paypal yang langsung terverif meskipun tanpa menggunakan kartu kredit. Cukup dengan rekening saja kartu ATM.

Dari perjalanan memiliki akun Shutterstock dari tahun 2017, sampai sekarang Osa memperoleh income yang lumayan untuk keperluan sehari-hari. Selain shutterstock, sobat bisa mencoba beberapa situs microstock lainnya. Seperti Freepik, dreamstime, adobestock dan lain-lainnya.

Sedikit berbagi, total download di akun Osa mencapai 600an dengan file upload sementara masih 30 biji aja sobat. Miris bener ya, 😁. Jangan nyerah dulu, itu kan 30 bijian doang, bagaimana kalau di lain waktu nanti Osa coba tambah karya lainnya lagi ya. Kan lumayan.

Sekarang Osa hanya mengumpulkan karya saja sebelum akhirnya nanti akan Osa upload juga di shutterstock. Buat sobat desain yang juga ingin mendapat dollar pertamanya, coba menjadi kontributor disini. Temuin keberuntungan sobat sendiri lewat desain.

0 komentar untuk Ceritaku Mendapatkan Dollar Pertama di Microstock

Tuliskan yang ingin Anda cari dan tekan Enter untuk Mencari