Shortcut Inkscape yang sering Osa gunakan -->

Shortcut Inkscape yang sering Osa gunakan

Shortcut Inkscape yang sering Osa gunakan
Shortcut Inkscape yang sering Osa gunakan
Shortcut Inkscape yang sering Osa gunakan – Jadi ceritanya kemarin ada request dari sobat Osa yang ingin tahu apa saja shortcut pada aplikasi Inkscape yang sering kali Osa pakai. Di salah satu video youtube Osa sudah Osa tuliskan (kalau tidak salah memang ada sih, hehehe). Tapi untuk pelengkap Osa tuliskan juga di blog ini untuk menghemat kuota kalian.

Shortcut adalah cara pintas/cara cepat untuk menjalankan satu perintah pada perangkat lunak komputer. Dalam hal ini adalah Shortcut untuk perangkat lunak Inkscape. Setiap aplikasi mempunyai shortcut uniknya sendiri. Namun yang pasti, untuk shortcut new, save, save as dan copy – paste Osa rasa sama saja. Terkecuali mungkin untuk MacOS, karena Osa belum pernah sekalipun menyentuh yang namanya OS ini. Hehehe.

Sebelum membaca postingan ini sampai selesai, alangkah baiknya juga sobat jalan-jalan ke situs resmi Inkscape agar mempunyai pengetahuan lebih luas lagi tentang apa itu Inkscape. Dan siapa tau juga sobat berminat untuk memberikan donasi pada developers inkscape.

Sekarang pada pembahasan utamanya. Shortcut yang sering Osa gunakan adalah :

Yang pertama B  atau SHIFT+   F6  (Draw Bezier Curves and straight lines) fungsinya untuk membuat kurva atau garis lurus. Ini biasanya Osa pakai ketika membuat lineart, coloring atau yang lainnya. Bisa dikatakan, dialah inti segalanya.

Selanjutnya CTRL  + +  fungsinya untuk menggabungkan dua objek atau lebih (Union). Baca juga : Menggabungkan dan memotong objek di Inkscape. Pertanyaan yang muncul di video Osa adalah Bagaimana Osa bisa cepat dalam proses pewarnaan vector? Kuncinya ada pada shortcut ini.

Vector yang Osa buat selalu memiliki warna limit. Tidak lebih dari 7 warna untuk skin. Tapi bukan berarti Osa tidak melalui proses pemilihan warna, sebelum membuat vector terlebih dahulu Osa buat sample warnanya. Jadi coloring lebih cepat apalagi dengan memanfaatkan shortcut dari Union.

CTRL + -   fungsi dari shortcut ini berlawanan dengan Union. CTRL + - akan memotong objek yang berada dibawahnya.

D atau F7 adalah Pick Colors from Image. Maksudnya mengambil sample warna dari sebuah gambar. Dan inilah yang sering Osa gunakan dalam pemilihan warna. Terutama skin. Sobat bisa juga menggunakannya karena penggunaannya yang simple dan sangat mudah sekali.

Dan itulah beberapa shortcut yang sering Osa pakai ketika membuat Vector. Seperti kata Osa sebelumnya, selain 4 shortcut diatas masih banyak lagi yang bisa sobat gunakan. Jangan takut mencoba. Semoga bermanfaat.

Wassalam.

0 komentar untuk Shortcut Inkscape yang sering Osa gunakan

Tuliskan yang ingin Anda cari dan tekan Enter untuk Mencari