Barcelona v Juventus in wpap by obiy shinichi art

Barcelona v Juventus in wpap by obiy shinichi art

Barcelona v Juventus in wpap by obiy shinichi art
Barcelona (Bahasa Inggris /bɑrsɪˈlnə/Katalan: [bərsəˈɫonə]bahasa Spanyol: [barθeˈlona]) adalah sebuah kota terbesar kedua di Spanyol dan merupakan ibu kota wilayah otonom Katalonia. Jumlah penduduknya di wilayah pusat kota adalah 1,6 juta jiwa.[1] Bersama dengan wilayah di sekitar sisi kota, penduduknya berjumlah 4,5 juta jiwa. Penduduk di wilayah metropolitan (kota dan kota-kota satelit) adalah sekitar 5 juta jiwa.[2][3][4][5][6] Luas wilayahnya adalah 100,4 km² dan kepadatannya adalah 15.764/km² (2001).
Berdiri pada 230 SM sebagai salah satu kota Kerajaan Romawi, di zaman pertengahan Barcelona menjadi ibukotaCounty Barcelona. Setelah bergabung dengan Kerajaan Aragon, Barcelona menjadi kota yang penting bagi Crown of Aragon. Barcelona memiliki sejarah budaya yang kaya dan saat ini menjadi pusat budaya pentong dan destinasi turis utama. uil-kuil dan bangunan karya arsitek Antoni Gaudí dan Lluís Domènech i Montaner, yang telah dinobatkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota ini juga menyelenggarakan Olimpiade Musim Panas 1992beserta sejumlah konferensi dan turnamen olahraga skala internasional.
Barcelona merupakan salah satu pusat ekonomi, pariwisata, pameran, olahraga, dan budaya dunia. Semua ini berkat statusnya sebagai salah satu kota global utama dunia.[7][8] Barcelona berperan sebagai pusat ekonomi dan budaya di Eropa baratdaya, ke-24 di dunia (sebelum Zürich, setelah Frankfurt)[9] serta pusat keuangan. Tahun 2008 kota ini termasuk kota dengan ekonomi terkuat keempat menurut GDP di Uni Eropa dan ke-35 dunia sebesar €177 milyar.[10] Kota ini merupakan kota dengan angka pengangguran terendah dan pertumbuhan GDP per kapita tertinggi di Spanyol.[11] Tahun 2009 kota ini berada di urutan ketiga sebagai brand kota tersukses di dunia.[12] Pada tahun yang sama, kota ini menempati peringkat keempat untuk bisnis, dengan pertumbuhan 17% per tahunnya,[13]namun sempat turun akibat resesi ekonomi Eropa.[14] Barcelona juga merupakan penghubung transportasi denganPelabuhan Barcelona sebagai salah satu pelabuhan laut terpenting di Eropa dan pelabuhan penumpang tersibuk di Eropa.[15] Selain itu, bandara internasionalnya, Bandar Udara El Prat-Barcelona, mengangkut 35 juta orang tiap tahun,[16] ditambah jaringan jalan yang baik, dan akses kereta cepat yang terhubung ke Perancis dan kota lain di Eropa.[17]
Baca Selengkapnya Barcelona di wikipedia

Juventus Football Club S.p.A. (BITJUVE) (dari bahasa Latin:[6] iuventusmasa muda [juˈvɛntus]), biasa disebut sebagai Juventus dan popular dengan nama Juve (pengucapan [ˈjuːve]),[7] adalah klub sepak bolaprofesional Italia yang berbasis di TurinPiedmont. Klub sepakbola ini adalah yang tertua ketiga di Italia dan telah menghabiskan sebagian besar sejarahnya, dengan pengecualian pada musim 2006–07, di atas klasemen Divisi Pertama (dikenal sebagai Serie A sejak 1929).
Didirikan pada tahun 1897 sebagai Sport Club Juventus oleh sekelompok siswa muda di kota Turin,[3] yang dipimpin oleh Eugenio Canfari dan saudaranya Enrico,[8][9][10] klub ini kemudian dikelola oleh industrialis keluarga Agnelli sejak tahun 1923, yang merupakan kemitraan olahraga tertua di Italia, sehingga membuat Juventus menjadi klub profesional pertama di negara itu.[11][12] Seiring waktu, klub telah menjadi simbol dari budaya bangsa dan Italianità ("Italia"),[13][14][15] karena tradisi mereka sukses, beberapa di antaranya memiliki dampak yang signifikan dalam masyarakat Italia, terutama pada tahun 1930-an dan dekade pertama pasca-perang yang sekaligus mempengaruhi politik ideologis dan asal sosial ekonomi simpatisan klub. Hal ini tercermin antara lain, dalam kontribusi klub untuk tim nasional sepak bola Italia sejak paruh kedua tahun 1920-an yang kemudian diakui sebagai salah satu yang paling berpengaruh dalam sepak bola internasional karena turut berperan penting dalam kemenangan Piala Dunia 19341982 dan 2006. Basis penggemar klub ini lebih besar daripada klub sepak bola Italia lainnya dan merupakan salah satu yang terbesar di seluruh dunia. Dukungan untuk Juventus tersebar luas di seluruh negeri dan luar negeri, terutama di negara-negara dengan keberadaan yang signifikan dari imigran Italia.[16][17][18][19]
Baca Selengkapnya Juventus di wikipedia
Finalnya sih lewat, tapi kalo karyanya nyusul gak papa doong. Hihi.
Check it out

0 komentar untuk Barcelona v Juventus in wpap by obiy shinichi art

Tuliskan yang ingin Anda cari dan tekan Enter untuk Mencari