Cara Meningkatkan Kinerja Android

Cara Meningkatkan Kinerja Android

Cara Meningkatkan Kinerja Android
sampang-madura - Assalaamualaikum sobat OSa, seneng rasanya bisa update di blog lagi. Apalagi pas pagi-pagi gini. Tapi OSa suda dari tadi loh ya bangunnya, bukan barusan. Karena rajin bangun pagi itu penting dan bikin seger badan, hehehe

Yups menuju ke tema. Cara yang akan OSa paparkan bukan untuk kalian yang sudah punya Smartphone super canggih, keren, anti banting dan MAHAL ya. Hehehe. OSa tekankan cara ini hanya pada kalian yang masih bertahan dengan Smartphone low-end, semisal galaxy young dan joy.

android run

1. Instal Custom Rom

Custom Rom sangat membantu untuk kalian yang ingin kinerja androidnya lebih meningkat dan bertambah cepat. Sebelumnya, sudah tau kan apa itu Custom Rom (Cusrom)? Ya sesuai dengan namanya yaitu Custom (Customize) berarti sudah terjadi beberapa perubahan dalam Rom tersebut. Semakin banyaknya developer-developer handal dalam hal cusrom, makin banyak pula aneka model cusrom untuk semua jenis dan merk Smartphone.

Cusrom dibuat dengan tujuan menambahkan beberapa script tambahan ke dalam Rom original sebuah Smartphone android. Selain penambahan script, cusrom juga akan menghapus aplikasi yang jarang sekali user pakai (bloatware). Karena selain hanya akan menambah kinerja RAM, bloatware juga hanya menambah penuh internal. Sehingga memang cukup layak untuk di buang saja.
Selain beberapa keuntungan tersebut, ada beberapa cusrom yang memiliki kerentanan terhadap sistem kemanan android kita, ROM MIUI disebu-sebut sebagai salah satu rom yang memiliki kerentanan tersebut.

Apakah OSa sendiri pernah memakai cusrom juga? PASTI sudah pernah lah. Malahan ya, OSa sering banget gonta-ganti cusrom waktu memakai galaxy young. Di hitung-hitung bisa mencapai lebih dari 23 kali flashing tu Smartphone, hehehe.

2. Rooting 

Seperti yang OSa katakan di awal paragraf, cara ini bukan untuk kalian yang sudah mempunya Smartphone super canggih dan mahal, karena hal ini memang tidak terlalu penting untuk Smartphone yang sudah high-end.

Rooting akan menghilangkan masa garansi. Yups memang sangat benar. Tapi tidak terlalu penting juga kalau kita bisa menjaga Smartphone dengan benar tanpa masalah sehingga tidak perlua menggaransikan Smartphone kita karena kerusakan hardware. Keunggulan rooting, kita bisa melakukan modifikasi dan menginstal cusrom. Jadi Rooting merupakan langkah awal untuk menginstal cusrom tadi. Jadi bisa dikatakan, rooting dan cusrom berkaitan untuk membuat kinerja android menjadi lebih semangat, hehehe.

3. Pasang Aplikasi Adaway

Bagi OSa aplikasi ini sangat membantu buat menghilangkan iklan-iklan pada android yang umumnya juga membawa malware. Search aplikasi ini free di Google Play Store.

4. Pasang Aplikasi untuk Mematikan Autorun

Nah ini merupakan hal yang cukup vital buat OSa, dengan mematikan berjalannya aplikasi di latar belakang, akan membantu kerja RAm agar lebih ringan dan tidak terlalu memaksa untuk menjalankan banyak sekali aplikasi. Baca juga : Cara Menonaktifkan startup aplikasi pada android
Makin banyak aplikasi yang kita instal makin berat pula kerja RAM.

5. Pasang Aplikasi yang diperlukan saja

Aplikasi chat umumnya akan memperlambat kerja Smatphone. Ini dikarenakan semua aplikasi chat akan tetap berjalan dan mengkonsumsi banyak penyimpanan RAM. Sehingga OSa sarankan instal aplikasi yang memang benar-benar diperlukan. Seperti BBM, whatsapp, line (optional), dan yang lainnya.

Nah, diatas adalah beberapa cara OSa yang bisa OSa sampaikan buat semua sobat OSa. Jadi gunakan Smartphone kalian secara bijak ya, jangan terlalu maksain, ntar tu Smartphone meletus (emang balon?) Hehehe. Be SmartUser.

Semoga bisa membantu sobat yang punya Smartphone low-end ya. Wessalam.

- Selesai -

0 komentar untuk Cara Meningkatkan Kinerja Android

Tuliskan yang ingin Anda cari dan tekan Enter untuk Mencari