Step by step Membuat Vector Robert Downey Jr

Step by step Membuat Vector Robert Downey Jr

Step by step Membuat Vector Robert Downey Jr
Selamat Pagi Sobat OSa. Hari ini 15 Agustus 2015, 2 Hari lagi menuju hari yang sangat bersejarah buat seluruh rakyat Indonesia. Yups, 2 hari lagi kita akan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerderkaan Republik Indonesia. Bersyukur dan berbahagialah kita yang saat ini sudah bisa merasakan nikmatnya bebas dan merdeka. Namun menuru OSa, meskipun status Negara kita sudah merdeka, tetap saja hati dan pikiran rakyatnya masih belum bisa merdeka seperti apa yang di harapkan Bung Karno dahulu.

Bahasan OSa sebenernya bukan soal itu ya, OSa mau memberikan step by step dalam pengerjaan / pembuatan vector Robert Downey Jr yang OSa buat beberapa hari yang lalu. OSa tidak akan membuat tutorial lengkap, soalnya terlalu lama juga waktu bikinnya. Nah, pertama yang OSa buat adalah bagian-bagian line art. Atau bisa dibilang garis-garis tegas untuk membentuk objek vectornya.

Sekedar contoh saja, untuk ini dari OSa sendiri, kebetulan tidak OSa ambil gambar dari blog orang lain.


Line art hanya berupa garis-garis hitam untuk memberi kesan bentuk pada suatu objek. Bisa dibilang sketsa juga, tapi line art sudah berupa garis sketsa yang sudah pasti. Bukan sketsa kasar yang nantinya akan dirubah menjadi sketsa yang fix. 

Konsep mata itu juga baru OSa baru saja buat beberapa menit. Mata siapa itu? Sama dengan model OSa yang dibahas dalam blog ini, yaitu Robert Downey Jr. Untuk membuat line art cukup mudah kok sobat. Hanya membutuhkan sedikit kecakapan dalam menggerakkan Bezier tool ataupun Pen tool, terserah sobat OSa lebih suka yang mana untuk membuat line art. Kedua tool tersebut yang sering OSa pakai, ada juga yang menggunakan 3D point curve. Serperti yang OSa bilang, tergantung pada kecakapannya saja.

Line art untuk membuat garis tegas wajah pada pembuatan vector, berupa garis tegas mata, hidung, kerut wajah, bibir dan anggota tubuh lainnya.

Step by step pembuatan vector  Robert Downey Jr. :

a. Pembuatan Line Art


Kalau OSa, line art hanya akan OSa buat tegas pada bagian wajah. Tegas dan detail, itu yang biasanya OSa lakukan. Kenapa begitu? Untuk membuat kesan keren dan sempurna saja. Walaupun sebenernya jauh dari kesan sempurna. Hehehe.

Mata menjadi incaran utama, karena kemiripan menentukan dari matanya. Tiap tangan dan pemikiran pastinya berbeda lah ya. Masing-masing vectorizer berbeda konsep dan prinsip. 

Lanjutkan cara pewarnaan atau shading. Untuk kemudahan coloring, OSa buat warna grayscale terlebih dahulu.. Seperti apa? Check this out.!


Keliatan kan mana warna gelap dan terangnya? Disitulah yang memberi kemudahan OSa untuk melakukan skin coloringnya. Ko bajunya tidak berwarna juga? Bagian baju OSa buat sedikit perbedaan yang sangat mencolok, mulai dari shadingnya sampai warnanya. Kenapa? Toh cuma buat mempercantik saja. Yang penting warna kulit wajah sangat mewakili.


Nah, jelas sekarang kan? Skin wajah diperhalus, bagian jas dan bajunya kita buat simple. Vector umumnya tetap terlihat menarik meskipun dengan warna apapun, asalkan merupakan warna turunannya.

Hasil akhir seperti ini, hanya menambahkan sedikit background saja.



Oke sekian dulu step by stepnya. Selamat siang sobat.

0 komentar untuk Step by step Membuat Vector Robert Downey Jr

Tuliskan yang ingin Anda cari dan tekan Enter untuk Mencari