Tips Membuat Vector Ala Obiy Shinichi Art

Tips Membuat Vector Ala Obiy Shinichi Art

Tips Membuat Vector Ala Obiy Shinichi Art
Sampang - Madura | Assalaamualaikum, Bismillahirrohmaanirrohim. Sebelum ngomel-ngomel mana tutorialnya, Osa kasih tips membuat vector ala Osa saja yaak. Hehehe. Ntar bikin tutorial malah di protes karena gak ada panduan suaranya. Masih mending Osa kagak pernah buat tutorial yang timelapse sampek sekian ratus persen. Rata-rata video yang Osa buat adalah realtime. Kalau pun dipercepat palingan hanya nambah 50-70 % doang, hehe.

Oke kita lanjut ke materi. Cee ileh udah kayak mata kuliah desain aja. Karena ini berupa tips, jadi yang bakalan sobat liat adalah tulisan dan gambar saja, bukan video kayak di Youtube yaa, :p

Tips Membuat Vector Ala Obiy Shinichi Art

1. Shading paling gelap yang Osa maksud adalah warna tergelap yang kita jadikan lineart. Pada gambar bisa kita lihat lineart berwarna hijau tersebut merupakan warna tergelap yang bisa Osa raba.
" Tapi kok masih ada warna hitam lainnya kakak? "
Nah ini yang Osa katakan pada gambar 5. Improve bidang terangnya. Kalau kita amati masih banyak pada gambar 1 bagian yang masih gelap.
Jadi untuk membuat vector kita bebas membuat bidang sesuai keinginan, tidak harus terpaku pada source foto. Asalkan tidak mengurangi tingkat kemiripannya saja.

Tips Membuat Vector Ala Obiy Shinichiart

2. Kenapa harus mata, alis dan hidung duluan yang Osa buat?
Sebenernya bole juga loh mulai dari rambut duluan, seterah (terserah) kita saja enaknya mana lebih dulu. Soalnya kalau Osa sedang menggambar (apapun itu), pas kagak mirip malah pusing sendiri jadinya. Hehehe. Jadi ya mesti mata, alis dan hidung kloter 1. Baru selanjutnya bergerak ke bagian rambut.

Tips Membuat Vector Ala Obiy Shinichiart

3. Sudah jelas kan yak gambar yang Nomor 3 ini? Sampek panas tempat duduknya, kalau belum mirip, Osa kagak bakalan pindah dari mata, hidung, alis. Hehehe.
Tips Membuat Vector Ala Obiy Shinichi Art

4. Ada pertanyaan dimari?
Oke. Jadi gini. Pertama buat seluruh bagian rambutnya (Blok rambut). Beri juga helai rambut yang berterbangan. Jika sudah semua (Jangan beri warna lebih dahulu), kita buat lighting rambutnya, misal seperti outline merah pada gambar, itu Osa maksudkan lighting rambut yang mewakili light lainnya. Nah, lantas fungsi BACK MINUS FRONT untuk apa sih?
Kita liat kembali gambar 1 dan 2, disana terlihat shape rambut yang berlubang kan? Itulah fungsinya, memotong objek pada bagian belakang  (green) dan menghilang bagian depan (outline merah). .
Caranya?
- Klik Shape (outline merah)- Tekan Shift
- (Masih keadaan menekan tombol Shift) Klik Shape (Green), maka akan terseleksi dua shape secara bersamaan dan menampilkan sebuah tool (seperti pada gambar) di bawah Menubar.
- Klik Back Front Minus.
- Berlubang deh jadinya.

Tips Membuat Vector Ala Obiy Shinichi Art

5. Hasil dari POINT 4 kurang lebih seperti ini. Jangan takut merubah gambar :D Kita perhatikan masih banyak banget bagian gelap yang tidak Osa jadikan Lineart.
Tips Membuat Vector Ala Obiy Shinichi Art

6. Warna rambutnya simple banget om? Yah begitulah tante, yang penting bisa mewakili rambutnya saja sudah cukup (kalau Osa). Dibuat lebih detail lagi malah lebih asyik loh.

Tips Membuat Vector Ala Obiy Shinichi Art

TIPS dari OSA untuk pembuatan Shading RAMBUT akan lanjut di postingan berikutnya :D


0 komentar untuk Tips Membuat Vector Ala Obiy Shinichi Art

Tuliskan yang ingin Anda cari dan tekan Enter untuk Mencari