Installed Font tidak Muncul di Inkscape 0.92.3

Installed Font tidak Muncul di Inkscape 0.92.3

Installed Font tidak Muncul di Inkscape 0.92.3
font-not-found-inkscape-0.92.3


Assalaamu'alaikum warahmatulloohi wabarokaatuh, sobat Osa. Sudah hampir 1 tahun Osa tidak membuat postingan apa-apa. Alasan utamanya karena Osa pindah tempat kerja dan ternyata lebih banyak memakan waktu sehari-hari. Alhasil terbengkalailah blog kesayangan ini. Bahkan untuk postingan Youtube yang harusnya sudah bisa Osa upload malah gak jadi juga. Subhaanallah.

Installed Font tidak muncul di Inkscape 0.92.3. Sebenarnya Osa terlalu bingung juga untuk membuat judul yang pas sehingga menjadi Buming. Yang tergambar di khayalan cuma itu aja sih. Font yang terinstal tidak tampil di aplikasi Inkscape.

Rincian Permasalahan Awal :


  1. Masalah ini terjadi di aplikasi Inkscape dengan versi 0.92.3. Karena sebelumnya di 0.92.0 Osa belum pernah mengalami masalah ini. 
  2. Operating System yang Osa gunakan adalah Windows 10 build 17763 

Menurut Forum Diskusi yang Osa baca (tulisane ala-ala bule dan ini hasil konklusi menurut sepengetahuan Osa saja), disana dikatakan kalau Inkscape 0.92.3 tidak bisa membaca keberadaan font yang terinstal pada Windows 10 yang terbaru. Jadi yang tampil hanya font bawaan windows itu sendiri. Sedangkan font yang kita pasang secara manual tidak muncul.

Lalu apa sih solusinya mengatasi masalah ini? 

Mudah banget sobat. Silahkan ikuti petunjuk Osa dan beri tahu Osa di kolom komentar kalau sobat sudah sukses dengan cara ini.

Kenapa Inkscape 0.92.3 tidak bisa membaca keberadaan font yang kita instal di Windows 10 terbaru? Katanya karena fontnya pindah tempat kesini C:\Users\[username]\AppData\Local\Microsoft\Windows\Fonts dari yang sebelumnya langsung ada di C:\Windows\Fonts. 


Tapi di C:\Windows\Fonts sudah ada semua loh fontnya, gimana tuh?

Osa sih kurang paham juga bagaimana masalahnya secara mendetail. Setelah mencoba cara ini Osa pastikan berhasil 100% loh sobat.

Download Inkscape 0.92.4 Terbaru 

Pertama sobat silahkan copy-paste C:\Users\[username]\AppData\Local\Microsoft\Windows\Fonts di Address bar File Explorer. Ganti username sesuai dengan username PC sobat. Nah disini sobat akan menemukan beberapa font yang sudah sobat instal.

Kedua sobat pilih semua font tersebut. Klik kanan dan Pilih Instal for All User sehingga font kesayangan sobat akan muncul di Inkscape dengan versi 0.92.3. Tunggu sampai prosesnya selesai. Tutup dan Buka kembali aplikasi Inkscape.

Kalau sudah ada yang berhasil, bisikin ke Osa melalui kolom komentar ya.

Wassalaam.

0 komentar untuk Installed Font tidak Muncul di Inkscape 0.92.3

Tuliskan yang ingin Anda cari dan tekan Enter untuk Mencari