5 Aplikasi Unggulan Google pada Android

5 Aplikasi Unggulan Google pada Android

5 Aplikasi Unggulan Google pada Android
Kemunculan Android memberikan satu persaingan yang sangat ketat dan sengit antara google dengan iOS milik Apple. 

Bagaimana Hal ini Bisa Terjadi?

Satu hal yang sangat pasti di karenakan persamaan fitur yang coba di usung oleh Android. Disisi lain, Apple mengklaim bahwa fitur yang dibawa oleh Android adalah hasil pencontekan ide kreatif yang berhasil diciptakan oleh Developer-developer Apple. Satu fitur awal yang menjadi klaim keras Apple adalah Lockscreen slide (membuka kunci layar dengan cara satu usapan). Klaim tersebut membuat google geram sendiri dengan menghadirkan fitur-fitur dan aplikasi yang tidak dimiliki oleh Apple. Namun bagaimana pun, sampai sekarang masih saja ada kesamaan fungsi utama antara google dan Apple.

Namun dari sekian banyak keunggulan Apple, OSa semakin sering mendengar dan membaca di media sosial kalau banyak produk-produk Apple membuat celaka penggunanya. Terakhir kali OSa baca adalah iPhone yang harus membakar paha seorang Pemuda di pondok pinang. Dan juga kemunculan iPhone 6 terbaru yang harus memiliki nilai minusnya. Bagaimana tidak? Berbagai situs memberitakan kalau iPhone 6 ternyata mempunyai body yang bengkok saat mencoba untuk di bengkokkan sedikit, dan tentu saja Apple harus berbenah besar-besaran untuk menangani hal ini.

5 Aplikasi Unggulan Google


Aplikasi unggulan google pada Android

1. Gmail

Tidak bisa dipungkiri, setiap mereka yang mempunyai smartphone Android  pasti akan memanfaatkan aplikasi Gmail ini. Kenapa harus Gmail? Bisa dikatakan, Gmail adalah aplikasi yang memang HARUS dan WAJIB untuk digunakan user Android. Selain untuk membuat email, gmail inilah yang saling berkorelasi dengan semua aplikasi besutan google lainnya. Playstore (market aplikasi Android) membutuhkan email dari google untuk bisa mendownload bermacam-macam aplikasi unggulan dari Developer kenamaan dunia. Youtube juga demikian, bisa saja kita tidak menggunakan gmail, kita bisa memanfaatkan media layanan email lainnya, hanya saja kalau OSa bilang, ini tidak akan sama dan tidak se-efektif dengan menggunakan Gmail.

Lantas, apakah OSa sendiri adalah pengguna Gmail? Sudah pasti OSa jawab. Dari awal memakai Android, OSa langsung menjadi user aktif dari Gmail.

2. Google Drive

Google Drive (Bukan menyetir google), memiliki kesamaan dengan aplikasi lainnya seperti dropbox, mega.co.nz. Apa itu google drive? Google drive adalah layanan penyimpanan online milik google yang bisa kita akses dari mana saja dan kapan saja. Hampir sama seperti flashdisk, hanya kalau Flashdisk saat kita lupa membawanya kita akan kerepotan untuk mengambilnya kembali lagi ke rumah kita.

Dengan google drive, kita hanya membutuhkan satu akun saja yang bisa kita akses dari mana pun. Laptop, komputer dan smartphone bisa mengaksesnya. Bagaimana cara kerja google drive? Bisa dibilang, google drive adalah penyimpanan awan atau pencadangan file foto, video dan yang lainnya yang akan terimpan di atas awan. Apa hubungannya dengan awan? Hal ini hanya satu istilah saja untuk mengungkapkan kalau file yang sudah kita upload pada google drive akan terus mengikuti kita kemana kita akan pergi.

Namun dibali keunggulannya ini, pastinya akan memiliki kekurangannya juga. Kekurangan kecilnya adalah kita harus online atau memiliki akses internet untuk bisa mengakses file kita pada drive tersebut.

Tapi OSa rasa itu bukan suatu halangan kalau kita lihat perkembangan dunia internet di setiap negara sudah sangat luar biasa. Akses internet dimana pun ada, mudah terjangkau dan free.


3. Maps

Maps yang sebelumnya hanya hadir pada browser-browser untuk membukanya, perlahan dengan adanya Android, Maps mulai muncul dan eksis dengan berbagai fitur yang OSa bilang sangat menakjubkan. 3D View, Street View bisa dimanfaatkan dengan sangat sempurna dan akurat. Penambahan satu nama lokasi yang sebelumnya perlu untuk mendaftarkan melalui situs maps.google.com, sekarang kita hanya perlu melakukan tap hold pada Maps di Android untuk mendapat pin lokasi yang kita ingin beri nama.

Saat kita mendaftarkan lokasi kita, kita akan mendapat televon dari operator google untuk memastikan dan mencari kebenaran tentang lokasi yang kita beri pin. 


4. Youtube

Semakin banyaknya pengguna media sosial, semakin maraknya pembuatan video unik, lucu dan memberi pengetahuan, semakin rajin juga untuk google membuat pembaruan pada aplikasi andalan mereka, YOUTUBE. Kalau sebelumnya youtube hanya kita gunakan untuk menonton dan mengunggah video kita saja, sekarang kita juga bisa menyimpan video kesukaan kita untuk kita tonton di lain waktu. Bisa dikatakan ini mendownload, tapi tidak juga. Karena kita tidak bisa memindahkan video yang kita simpan tadi ke dalam folder yang kita inginkan.

Paling tidak, fitur ini akan menghemat sedikit kuota kita. Karena kalau sebelumnya kita ingin menonton video yang sama, kita masih harus melewati buffering video sampai beberapa menit.

5. Google Keep

Dan yang terakhir adalah Google keep. Kenapa Aplikasi ini masuk dalam daftar aplikasi terbaik milik  google? Tidak dapat di pungkiri kalau aplikasi kecil ini memiliki seribu manfaat buat kita yang memiliki jadwal kegiatan yang sangat padat. Memang ini aplikasi apa sih?

Google Keep merupakan aplikasi pencatat atau diary mini kita. Google Keep bisa digunakan untuk mencatat daftar belanjaan kita dengan fitur ceklistnya. Bisa saja kita menggunakan kertas atau menggunakan hp jadul untuk hal yang demikian. Tapi hal itu kurang efektif, GoogleKeep memberi kemudahan dan kenyamanan dengan mengupload hasil catatan kita ke dalam drive kita. Bisa di arsipkan istilahnya.

So, setiap aplikasi yang OSa sebutkan diatas tidak semuanya juga bagus untuk mereka user Android lainnya. Yang OSa jelaskan adalah kepuasan OSa saat menjadi user android dengan memanfaatkan aplikasi diatas.

Selamat Malam, dan sukses untuk Esok.

0 komentar untuk 5 Aplikasi Unggulan Google pada Android

Tuliskan yang ingin Anda cari dan tekan Enter untuk Mencari