Optimasi Blog dengan skor sempurna di PageSpeed Insight

Optimasi Blog dengan skor sempurna di PageSpeed Insight

Optimasi Blog dengan skor sempurna di PageSpeed Insight
optimasi blog osa
Optimasi Blog dengan skor sempurna di PageSpeed Insight - Assalaamu'alaikum sobat Osa. Setelah beberapa ahad lalu Osa membeli template premium dari goomsite, Osa melakukan rombak total pada beberapa tampilan dan script di dalamnya. Dan inilah memang yang sering Osa lakukan, setiap kali berganti template pasti Osa acak-acak sehingga sesuai dengan keinginan.

Sebenarnya ada keinginan besar untuk membangun template sendiri mulai dari 0. Tapi kapan? Desain mulu adanya. Template yang Osa gunakan dari goomsite ini bernama Supermedium 1.1. Rencananya dari mas Basri (pemilik web goomsite) akan membuatkan updatenya, tapi belum waktunya.

Untuk apa Osa melakukan Optimasi pada template sebelumnya? Gambar dibawah ini adalah alasannya.

template-supermedium-dari-goomsite

Pada tampilan mobile masih dibawah standart kalau menurut Osa. Dan mendapat skor merah di tampilan Desktop. Lantas kenapa membeli template ini? Awalnya karena memang tampilannya menarik dan ada Carousel di bawah header. Murah juga tentunya. Hehehe.

template-supermedium-dari-goomsite


Tapi setelah membaca beberapa artikel disana-sini, bolak-balik ke beberapa situs. Carousel dikatakan tidak User friendly dan kurang SEO. Karena sudah terlanjur membelinya, akhirnya Osa hapus Carousel tersebut dan menggantinya dengan Carousel seperti punya kang Adhy di blog Kompiajaib.

Dan untuk beberapa alasan lagi, Osa hapus permanen saja Carousel tersebut. Hehehe. Biar pengunjung langsung melihat postingan Osa saja. Tanpa harus geser satu persatu.

Berawal dari kebiasaan juga, tampilan menjadi hal utama Osa. Oleh sebab itu perlahan Osa rubah sedikit demi sedikit tampilan dari template super medium.

Dan seperti sekarang inilah tampilan yang benar-benar Osa inginkan. Ringan dan responsive. Semoga kedepannya akan memiliki banyak visitor dan Osa semakin rajin membuat postingan di blog Osa.

optimasi blog osa

Dengan tampilan seperti ini, Osa tidak perlu lagi mengatakan " Ah bosan, tampilannya gitu-gitu aja. " Karena Osa bebas mengganti gambar Openingnya. Hehe. Dari openingnya saja sudah membuat Osa bahagia.

Hasil optimasi blog ini banyak Osa dapatkan dari blog kodejarwo. Terima kasih kang Ozik Jarwo. Untuk sobat Osa yang juga ingin melakukan optimasi juga silahkan kunjungi situs tersebut. Dan ikuti tutorial-tutorialnya jangan sampai ada yang terlewat.

Nantinya Osa juga akan membuat postingan seputar optimasi blog sesuai pengetahuan Osa. Hihi. Yang jelas optimasinya pasti berhasil dan membuat loading blog lebih wuss.

optimasi blog osa

Mendapat skor sempurna jika tidak ada pengoptimalan seputar Mengurangi waktu respon server. Domain Osa masih yang gratisan dari blogger. Jadi hal ini memang lumrah sering terjadi saat server mulai lambat. Dan inilah penampakannya ketika server sedang tidak bagus.

optimasi blog osa

Penurunan skor sampai 33 dari yang awalnya 100. Masalah ini sudah dibahas juga di blog kodejarwo. Kalau penasaran apa penyebabnya langsung meluncur ke web kodejarwo.

Tidak hanya di PSI. Blog Osa juga mendapat skor yang lumayan di GTmetrix.

skor blog osa di gtmetrix

Harapan Osa ketika sudah mendapat template dengan kecepatan seperti sekarang ini akan meningkatkan kemauan Osa untuk terus mengupdate banyak postingan.

Postingan optimasi ini akan Osa buat di lain kesempatan. Mudah-mudahan masih ingat dan sempat.
Wassalam.

0 komentar untuk Optimasi Blog dengan skor sempurna di PageSpeed Insight

Tuliskan yang ingin Anda cari dan tekan Enter untuk Mencari